LAPORAN PRAKTIKUM
AUTOCAD
Penggambaran Model 3D Gedung Teknik Geodesi UGM
Disusun Oleh :
Nafi Abiyyu Rasyid
15/386523/SV/09909
PROGRAM STUDI DIPLOMA 3 TEKNIK GEOMATIKA
DEPARTEMEN TEKNOLOGI KEBUMIAN
SEKOLAH VOKASI
UNIVERSITAS GADJAH MADA
2016
JUDUL : Penggambaran Model 3D Gedung Teknik Geodesi UGM
WAKTU dan TEMPAT :
Hari dan Tanggal : Rabu, 11 Mei 2016
Pukul : 09.30-12.00
Tempat : Laboratorium Komputasi
MAKSUD dan TUJUAN :
Mahasiswa mampu memodelkan/membuat gambar obyek dalam ruang 3- Dimensi menggunakan AutoCAD.
LANGKAH KERJA
Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum dapat menggunakan aplikasi AutoCAD 2004 adalah menjalankannya. untuk menjalankan aplikasi tersebut ikutilah langkah-langkah berikut ini :
Klik start
Klik All Programs
Klik Autodesk
Klik AutoCAD 2004
Amati, dan fahami icon dan fungsi yang terdapat pada aplikasi AutoCAD
HASIL DAN PEMBAHASAN
Membuka aplikasi CAD terlebih dahulu
Mengubah lembar kerja dari 2D menjadi 3D dengan cara View > 3D Views > View Point, kemudian tentukan arah view.
Setelah selesai menentukan arah view, dimana sumbu keatas adalah Z, klik pada lembar kerja.
Selanjutnya, buat 4 tampilan pada lembar kerja menggunakan View > Viewports > 4 Viewports.
Lalu menentukan view setiap tampilan (atas, samping kiri/kanan, depan/belakang dan miring) dengan cara memilih salah satu tampilan terlebih dahulu, kemudian klik View > 3Dviews > pilih Top/Bottom/sebagainya.
Membuat layer, yaitu lantai 1, lantai 2, lantai 3, atap, dinding 1, dinding 2, dinding 3
Selanjutnya mengambar obyek bangunan seperti aturan dibawah ini:
Nama Bangunan
|
X
|
Y
|
Z
|
Lantai 1
|
10
|
10
|
0
|
55.5
|
10
|
0
|
55.5
|
48
|
0
|
40.37
|
48
|
0
|
40.37
|
26.12
|
0
|
15.37
|
26.12
|
0
|
15.37
|
30.62
|
0
|
6.74
|
30.62
|
0
|
6.74
|
26.12
|
0
|
9.37
|
26.12
|
0
|
9.37
|
22.62
|
0
|
6.74
|
22.62
|
0
|
6.74
|
14.62
|
0
|
|
10
|
14.62
|
0
|
10
|
10
|
0
|
Nama Bangunan
|
X
|
Y
|
Z
|
Lantai 2
|
10
|
10
|
4
|
55.5
|
10
|
4
|
55.5
|
48
|
4
|
40.37
|
48
|
4
|
40.37
|
26.12
|
4
|
15.37
|
26.12
|
4
|
15.37
|
30.62
|
4
|
6.74
|
30.62
|
4
|
6.74
|
26.12
|
4
|
9.37
|
26.12
|
4
|
9.37
|
22.62
|
4
|
6.74
|
22.62
|
4
|
6.74
|
14.62
|
4
|
|
10
|
14.62
|
4
|
10
|
10
|
4
|
Nama Bangunan
|
X
|
Y
|
Z
|
Lantai 3
|
10
|
10
|
8
|
55.5
|
10
|
8
|
55.5
|
48
|
8
|
40.37
|
48
|
8
|
40.37
|
26.12
|
8
|
15.37
|
26.12
|
8
|
15.37
|
30.62
|
8
|
6.74
|
30.62
|
8
|
6.74
|
26.12
|
8
|
9.37
|
26.12
|
8
|
9.37
|
22.62
|
8
|
6.74
|
22.62
|
8
|
6.74
|
14.62
|
8
|
|
10
|
14.62
|
8
|
10
|
10
|
8
|
Nama Bangunan
|
X
|
Y
|
Z
|
Atap
|
5.24
|
8.49
|
12
|
57
|
8.5
|
12
|
57
|
49.5
|
12
|
38.87
|
49.5
|
12
|
38.87
|
27.62
|
12
|
16.87
|
27.62
|
12
|
16.87
|
32.12
|
12
|
5.24
|
32.12
|
12
|
11.055
|
29.12
|
14.5
|
11.06
|
18.06
|
14.5
|
47.935
|
18.06
|
14.5
|
47.935
|
43.5
|
14.5
|
Untuk penggambaran mengunakan menu Draw > 3D Polyline kemudian mulai lakukan penggambaran obyek. Misal, menggambar lantai 1, masukkan koordinat (x,y,z) pada command line seperti pada gambar berikut:
Melakukan langkah yang sama seperti point 8 untuk menggambar lantai 2, dinding 1, dinding 2, dan atap.
Pewarnaan obyek 3D
1. Ketika mewarna obyek 3D pastikan setiap bagian obyek sudah berada pada layer yang seharusnya.
2. Untuk mempermudah pewarnaan, buat sudut pandang menjadi 1 viewports yaitu dengan perintah View > Viewports > 1 Viewports pada salah satu layar viewports yang diinginkan.
3. Mulai pewarnaan pada obyek 3D perbagian menggunakan View Shade Flat Shaded, edges on.
4. Aktifkan layer (misal lantai 1), pilih Draw > Surfaces > 3D Face.
Jika sudah selesai maka akan seperti pada gambar dibawah.